20 Desember 2011

Jambore Karang Taruna Kabupaten Tangerang

Sebagai organisasi sosial kemasyarakatan yang fokus pada penanganan masalah-masalah kesejahteraan sosial, Karang Taruna Kabupaten Tangerang menyadari betul pentingnya membangun penguatan baik secara personal maupun secara kelembagaan. penguatan tersebut oleh Karang Taruna Kabupaten Tangerang salah satunya diimplementasikan dengan melakukan kegiatan Jambore Karang Taruna Kabupaten Tangerang. Kegiatan yang diselenggaranakan pada Tanggal 17 hingga 18 Desember 2011 ini mengambil lokasi di Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang.


Dalam rangkaian kegiatan ini dilakukan beberapa aksi sosial seperti Bhakti sosial kepada masyarakat sekitar, gladi kesiapsiagaan sosial, diskusi, Dll. Pada kesempatan ini Karang Taruna Kabupaten Tangerang juga menampilkan Satgas Karang Taruna yang dibentuk secara khusus. Menurut Ketua Karang Taruna Kabupaten Tangerang, Jamaludin, Satgas ini dibentuk sebagai upaya membantu pemerintah mengantisipasi dan menangani secara dini kejadian-kejadian dimasyarakat yang dapat berpotensi menjadi masalah sosial bahkan konflik sosial. "disamping mengimplementasikan amanat Ketua Provinsi, pembentukan Satgas Karang Taruna juga kami anggap penting karena dinamika masalah-masalah sosial di Kabupaten Tangerang kian beragam dan pada kondisi tertentu dibutuhkan personil yang harus memiliki kekuatan fisik serta kemampuan penanganan masalah sosial secara cepat, tanggap dan responsif" papar Jamal.

Sekretaris Karang Taruna Provinsi Banten, Gatot Yan S yang hadir mewakili Ketua Karang Taruna Banten dalam sambutannya menyatakan apresiasi dan penghargaan atas upaya jajaran pengurus Karang Taruna Kabupaten Tangerang dalam membina dan menggelorakan semangat ke-Karang Taruna-an di Kabupaten Tangerang. Hal ini menurut Gatot terlihat dari semakin eksisnya Karang Taruna terlibat dan ambil bagian dalam berbagai momentum di Kabupaten Tangerang baik yang bersifat resmi diselenggarakan oleh pemerintah maupun yang digagas oleh Karang Taruna itu sendiri. "keberadaan Satgas Karang Taruna merupakan bukti kesiapan dan kepedulian Karang Taruna Kabupaten Tangerang dalam menjalankan peran dan fungsinya sebagai relawan sosial yang berbasis kemasyarakatan" pungkas Gatot Yan.