05 Oktober 2011

Rakerda I Karang Taruna Provinsi Banten

Salah satu forum pengambilan keputusan tertinggi dalam organisasi Karang Taruna adalah Rapat Kerja Daerah (RAKERDA). di forum ini, pengurus menjabarkan dan mengaplikasikan hasil-hasil TKD menjadi sebuah rumusan dan keputusan yang betul-betul harus optimal, representatif, akomodatif dan demokratis bagi komunitas pekerja dan relawan sosial dari kalangan generasi muda yang berada dibawah naungan Panji Karang Taruna.

Pengurus Karang Taruna Provinsi Banten menggelar kegiatan Rakerda I pada tanggal 4 Oktober 2011 dengan mengambil tempat di Grand Hall Hotel Ratu Bidakara, Serang. Kegiatan yang mengambil tema 'The Young Today Is The Leader Tomorrow' ini diikuti oleh sekitar 500 peserta yang terdiri dari seluruh Pengurus Provinsi, perwakilan Kabupaten/Kota serta utusan dari seluruh pengurus Kecamatan se-Provinsi Banten. Selain unsur Karang Taruna, kegiatan ini juga dihadiri undangan dari instansi Pemerintah, swasta serta organisasi mitra lainnya.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten Drs. H. Nandi Mulya yang didampingi oleh Sekretaris Karang Taruna Banten Gatot Yan S dan Ketua Panitia Oji Fachruroji. Sememntara acara penutupan Rakerda dilakukan langsung oleh Gubernur Banten Hj. Ratu Atut Chosiyah yang didampingi oleh Ketua Karang Taruna Provinsi Banten H. Andika Hazrumy dan Ketua PNKT Taufan EN Rotorasiko serta beberapa Kepala SKPD dan pejabat dilingkungan Pemerintah Provinsi Banten.

Dalam sambutannya, Ketua Karang Taruna Banten H. Andika Hazrumy mengatakan bahwa Rakerda ini merupakan momentum yang tepat untuk menggelorakan kembali semangat ke-karang taruna-an yang belakangan dirasa kian melemah. Oleh karenanya, disamping menghadirkan pengurus kabupaten/kota, dirinya juga mengambil inisiatif untuk mengundang seluruh ketua dan sekretaris tingkat Kecamatan. "agar kita bisa merasakan kebersamaan yang merupakan modal bagi kekuatan karang taruna dalam memainkan peran sosialnya ditengah masyarakat" papar Andika.

Pada bagian lain Andika juga menegaskan bahwa Karang Taruna sedikitnya harus memainkan 3 peran bagi pembangunan kesejahteraan sosial, yaitu peran fasilitasi, peran edukasi dan peran mediasi. Sementara Ketua Umum Karang Taruna Nasional Taufan EN Rotorasiko dalam sambutannya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Andika yang dinilainya sebagai sosok muda yang bukan hanya enejik tapi juga visioner.

Gubernur Banten Hj. Ratu Atut Chosiyah dalam sambutannya berharap Semoga hasil-hasil rakerda yang telah dilaksanakan dapat memberikan nilai-nilai kepeloporan karang taruna sebagai organisasi yang berbasis generasi muda dengan memiliki etika, kecerdasan dan kesantunan dalam kehidupan bermasyarakat. "karena tidak bisa dipungkiri, generasi muda saat ini adalah generasi penerus bangsa kedepan" demikian pungkas Gubernur yang dilanjutkan dengan pemukulan bedug sebagai tanda ditutupnya kegiatan Rakerda I Karang Taruna Provinsi Banten.