05 September 2011

Karang Taruna Banten lakukan kegiatan revitalisasi

Dalam upaya menjaga kesinambungan perannya sebagai sarana untuk pengembangan kreatifitas dan tanggung jawab sosial generasi muda, Kepengurusan Karang taruna perlu terus menerus ditingkatkan kemampuannya dan dijaga kesinambungannya. Untuk itulah Pengurus Karang Taruna Provinsi Banten memandang perlu melakukan pemutakhiran data karang taruna secara periodik melalui program Revitalisasi Karang Taruna.

Sepanjang Bulan Februari hingga September 2011 Pengurus Karang Taruna Provinsi Banten menggelar revitalisasi Kepengurusan tingkat Desa/Kelurahan dan Kecamatan melalui kegiatan Roadshow ke 154 Kecamatan se- Provinsi Banten.

Kegiatan ini bertujuan untuk Menyediakan Database Karang Taruna secara mutakhir dan periodik yang mencakup data: Kepengurusan, Kegiatan, UEP, Keanggotaan, Kesekretariatan, Dll. selain itu, revitalisasi juga dimaksudkan untuk Mengklasifikasikan Karang Taruna berdasarkan kriteria: Tumbuh, Berkembang, Maju, dan Berprestasi, disamping juga untuk menyerap aspirasi dan masukan dari bawah tentang kondisi Karang Taruna diberbagai wilayah dengan segala persoalan yang dihadapi.

Dalam kegiatan revitalisasi ini, Pengurus provinsi yang dibantu pengurus Kabupaten/Kota memberikan materi sosialisasi dan pemantapan seputar ke-Karang Taruna-an. Selain itu, dilakukan validasi data kepengurusan berupa SK dan identitas pengurus. selanjutnya untuk menentukan klasifikasi Karang Taruna, peserta yang terdiri dari Pengurus Kecamatan dan Desa/Kelurahan juga diwajibkan mengisi kuisioner yang telah disediakan.

Kegiatan yang dipandang sangat positif ini juga mendapat perhatian serius dari Gubernur Banten Hj. Ratu Atut Chosiyah. Disamping selalu menyempatkan diri menyambangi kegiatan roadshow ini, Gubernur Atut juga memberikan apresiasi kepada Karang Taruna melalui penyerahan dana pembinaan sebesar 2,5 Juta Rupiah untuk Pengurus Desa/Kelurahan dan 3 Juta Rupiah untuk setiap Pengurus Kecamatan serta 10 Juta Rupiah untuk tiap Kabupaten/Kota.

"Hampir Empat Setengah Milyar Rupiah anggaran yang digulirkan Gubernur untuk bantuan pembinaan Karang Taruna tahun ini, dan bantuan ini sudah berlangsung sejak tahun 2006 serta jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun" demikian papar Sekretaris Karang Taruna Banten, Gatot Yan S.

Sementara Andika Hazrumy, Ketua Karang Taruna Provinsi Banten yang juga kerap menghadiri secara langsung kegiatan roadshow di beberapa kecamatan ini mengungkapkan bahwa dengan kegiatan revitalisasi ini diharapkan akan tersedianya Database Karang Taruna secara lengkap dan up to date. "Revitalisasi juga bertujuan untuk menciptakan keseragaman persepsi tentang paradigma baru Karang Taruna sebagai organisasi yang tidak hanya menyelenggarakan kegiatan kreatif dan rekreatif namun juga kegiatan yang berorientasi pada Usaha Ekonomi Produktif" pungkas Andika.