07 April 2011

Karang Taruna Kec. Menes dilantik

Geliat ke-Karang Taruna-an di Provinsi Banten kian hari nampak kian semarak, pengurus Provinsi yang sejak awal bertekad menggelorakan kembali semangat pengabdian sosial melalui wadah Karang Taruna memang melakukan berbagai upaya untuk membuat Karang Taruna kembali bangkit dan berkontribusi bagi masyarakat. Upaya membangkitkan Karang Taruna dilakukan dengan menata kembali kepengurusan ditingkat Kecamatan.

Salah satu Karang Taruna tingkat kecamatan yang melakukan penataan kepengurusan adalah Karang Taruna kecamatan Menes, Pandeglang. Setelah menggelar Temu Karya beberapa waktu yang lalu, pada tanggal 5 April 2011 Pengurus Karang Taruna Kecamatan Menes resmi dilantik oleh Camat Menes. Bertempat di aula kantor Kecamatan Menes, kegiatan pelantikan dilaksanakan dengan dihadiri oleh unsur Muspika dan pengurus Karang Taruna tingkat Desa se- Kecamatan Menes.

Ketua Karang Taruna Provinsi Banten H. Andika Hazrumy juga turut menghadiri acara pelantikan tersebut dengan didampingi oleh Sekretaris Gatot Yan. S serta beberapa orang jajaran pengurus provinsi lainnya. Dalam sambutannya, Ketua Karang Taruna Provinsi Banten H. Andika Hazrumy menyatakan sebagai organisasi yang memiliki struktur kelembagaan sampai ke akar rumput, Karang Taruna berada dalam posisi strategis, sebagai komponen generasi muda yang berorientasi amat kuat dalam pembangunan kesejahteraan sosial, setidaknya untuk mengembangkan keseimbangan dalam sistem pembangunan yang kian kompleks.

Andika juga mengatakan bahwa semakin kompleksnya permasalahan sosial yang berkembang dewasa ini hingga beberapa tahun kedepan, menuntut kesigapan pemerintah bersama-sama masyarakat untuk menanganinya. Oleh karenanya, Karang Taruna menurut Andika dituntut untuk memiliki kemampuan bukan hanya menyelenggarakan aktifitas rekreatif dan preventif, tapi juga harus mampu melakukan aktivitas analitis, social service, pengabdian, fund rising, dan advokasi.

Pada bagian lain, H. Andika Hazrumy yang juga Anggota DPD RI ini menyatakan bahwa untuk memajukan suatu daerah, dibutuhkan sumberdaya yang memiliki kemampuan membaca peluang dan potensi dalam daerah tersebut. "oleh karenanya, sebelum Karang Taruna berkiprah memainkan peran sosialnya, maka dia harus tahu dulu potensi apa yang dapat digali dan dikembangkan didaerahnya. Khusus di kecamatan Menes ini misalnya, saya melihat potensi pertanian masih sangat mungkin untuk dikembangkan dan dijadikan andalan bagi pengentasan masalah-masalah kesejahteraan sosial" demikian papar Andika.

Sementara itu baik Panitia penyelenggara maupun Ketua terpilih dan Camat Menes mengucapkan penghargaan dan apresiasi atas kedatangan Ketua Provinsi H. Andika Hazrumy beserta rombongan. "Kehadiran Ketua ditengah-tengah kami sungguh amat memotivasi kami untuk terus memajukan Karang Taruna di Kecamatan Menes ini" kata ketua Karang Taruna Kec. Menes.