28 Februari 2011

Gubernur lantik Pengurus Karang Taruna Provinsi Banten 2010-2015

Kamis, 24 Februari 2011 Gubernur Banten Hj. Ratu Atut Chosiyah melantik Pengurus Karang Taruna Provinsi Banten Masa Bhakti 2010-2015. Pengurus yang dilantik adalah Ketua H. Andika Hazrumy, Sekretaris Gatot Yan. S dan Bendahara Siti Halimah. Selain itu turut pula dalam pelantikan tersebut Wakil Ketua I Bidang Kewirausahaan Eddy Sofyan, Wakil Ketua II Bidang Kemasyarakatan Oji Fachruroji dan Wakil Ketua III Bidang Kelembagaan Madronie serta seluruh jajaran pengurus harian dan pengurus pleno Karang Taruna Provinsi 2010-2015. Acara pelantikan yang dilaksanakan di gedung Pendopo Gubernur Banten itu dihadiri pula oleh Ketua Karang Taruna Nasional Taufan E.N. Rotorasiko yang didamping Sekjen Harry Soeriaatmadja serta beberapa Pengurus Nasional lainnya.

Gubernur Hj. Ratu Atut Chosiyah dalam sambutannya menyampaikan bahwa sejak menjadi Wakil Gubernur dirinya memiliki prioritas terhadap pembinaan generasi muda di Provinsi Banten melalui wadah organisasi maupun yang lainnya, karena menurutnya, generasi muda merupakan aset penerus pembangunan khususnya di Provinsi Banten. "Terutama karang taruna yang telah membentuk pemuda-pemuda memiliki karakter positif untuk hidup sehat dan berjiwa sosial". Demikian papar Atut.

“Ibu berharap generasi pemuda-pemudi Banten dapat mengisi estafet pembangunan melalui karang taruna, dan kedepan Banten diisi oleh generasi muda yang inovatif, bersemangat tinggi dan memiliki kemampuan yang handal sehingga Banten menjadi Provinsi terdepan di Indonesia” ujar Gubernur. Seperti diketahui, bahwa sejak menjadi Wakil Gubernur hingga saat ini, Gubernur Atut Chosiyah setiap tahunnya selalu mengalokasikan APBD untuk pembinaan Karang Taruna dari tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten/Kota hingga Provinsi.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Nasional Taufan E.N. Rotorasiko dalam sambutannya menyampaikan bahwa Karang Taruna adalah organisasi akar rumput yang sudah berusia 50 tahun. Sedangkan kepengurusannya baru dibentuk 25 tahun. Dijelaskan, tidak ada organisasi di Indonesia yang dibentuk sedemikian rupa seperti Karang Taruna, untuk membantu peran pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat. Dan kedepan diharapkan Karang Taruna mampu mewujudkan pemuda-pemudinya menjadi tokoh nasional.

“Karang Taruna baik di pusat maupun di daerah harus terus meningkatkan kerjasama bukan saja dalam bidang sosial tetapi bagaimana bisa mengembangkan kemandirian pemuda-pemuda di Indonesia mengingat kurangnya kewirausahawan di Indonesia,” katanya seraya mengajak Karang Taruna untuk merubah pola pikir berwirausaha adalah bekerja dan menjadikan wirausaha sebagai sekolah. Pada bagian lain Taufan juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Gubernur Banten Hj. Ratu Atut Chosiyah atas upayanya yang telah bersungguh-sungguh membina Karang Taruna. "Ibu Gubernur Banten telah melakukan pembinaan bagi perkembangan Karang Taruna dengan memberikan bantuan secara rutin setiap tahun, saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tinggi" tandas Taufan.

Dalam kesempatan pelantikan itu, Gubernur juga menyerahkan bantuan berupa 20 unit Komputer pada program pembinaan kelembagaan Karang Taruna, bantuan tersebut diberikan kepada Karang Taruna tingkat Kecamatan yang berada di Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kabupaten Tangerang masing-masing sebanyak 5 Unit.