23 Desember 2010

Hari Ibu, Gubernur Banten kembali raih Anugerah Parahita Ekapraya

Peringatan Hari Ibu ke-82 yang jatuh pada Tanggal 22 Desember 2010 menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah dan seluruh masyarakat Banten. Pasalnya, di hari tersebut Gubernur Perempuan Pertama di Indonesia itu untuk kedua kalinya kembali meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Madya. Penghargaan tersebut diberikan kepada 25 kepala daerah dan kementerian/lembaga yang dinilai telah berhasil melaksanakan strategi pemberdayaan perempuan dan pengarusutamaan gender.

Anugerah Parahita Ekapraya diserahkan langsung oleh Presiden pada acara Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-82 di Sasono Langen Budoyo Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. "Teruslah berprestasi dan menjadi teladan," demikian pesan presiden yang didampingi ibu Ani Yudhoyono serta Wapres Boediono dan ibu Herawati Boediono kepada para penerima penghargaan.

Melalui PHI ke-82 yang mengangkat tema "Kesetaraan Perempuan dan Laki-laki untuk Membangun Karakter Bangsa dalam Mewujudkan Masyarakat yang Sehat dan Bermartabat" ini dapat dilihat bahwa perempuan Indonesia di seluruh pelosok tanah air dapat menikmati hasil pembangunan, berperan serta secara aktif di seluruh bidang pembangunan, dan merupakan agen perubahan bersama-sama dengan kaum laki-laki sebagai mitra sejajar.


Peringatan Hari Ibu kali ini juga merupakan momentum untuk mengevaluasi dan mengapresiasi para pemangku kepentingan dalam melaksanakan berbagai program pembangunan yang ditujukan untuk mewujudkan kesetaraan gender dan peningkatan kualitas hidup perempuan.

"Dorong dan libatkan kaum ibu dalam menjalankan program pro rakyat, seperti PNPM Mandiri. Bantu permodalan untuk kaum perempuan. Kalau ini dijalankan, maka akan menarik lapangan kerja baru, yang berdampak pada pengurangan pengangguran yang nantinya akan mengurangi kemiskinan. Ini sebuah mata rantai yang saling berkaitan. Pada saatnya nanti para wanita Indonesia akan bekerja di negaranya sendiri," tegas presiden yang disambut tepuk tangan.

*dari berbagai sumber