08 Oktober 2010

Temu Karya Nasional VI, Maluku Utara


Temu Karya Nasional Karang Taruna merupakan forum tertinggi Karang Taruna, yang dilaksanakan untuk memilih dan menetapkan pengurus serta menetapkan program kerja Pengurus Nasional Karang Taruna. Pada tahun 2010, kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 s.d 14 Juni 2010 di Ternate, Maluku Utara. Hadir dalam acara tersebut para pengurus Karang Taruna Provinsi dari seluruh Indonesia, Pengurus Nasional Karang Taruna dan Majelis Pertimbangan Karang Taruna.

Karang Taruna Provinsi Banten mengutus 8 Orang pengurusnya untuk menghadiri forum Lima tahunan ini, mereka masing-masing: Ketua Karang Taruna Dedi Kurniadi, Sekretaris Rosyid Haerudin, Bendahara Andika Hazrumy serta didampingi 5 orang pengurus lainnya. Pada tanggal 12 Juni 2010 rombongan Banten yang satu pesawat dengan beberapa Provinsi lain berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta pagi hari dan tiba pada petang harinya. Saat tiba di Bandara Sultan Babullah Ternate, rombongan disambut dengan tarian daerah setempat.

Sebelum menuju penginapan, rombongan sempat melakukan pertemuan dengan Menteri Sosial Salim Segaf Aljufri di Aula VIP Bandara. Dalam pertemuan tersebut Mensos menyampaikan harapannya agar Karang Taruna dapat lebih berperan aktif dalam penanggulangan masalah sosial.

Dalam acara Pemilihan Ketua Umum yang dilaksanakan pada tanggal 13 Juni 2010, Taufan Eko Nugroho Rotorasiko terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum periode 2010-2015 menggantika Dody Susanto yang telah berakhir masa bhaktinya. Dalam rapat tersebut juga dibentuk Tim Formatur yang diberi mandat untuk menyusun kepengurusan selambat-lambatnya satu bulan kedepan.

33 Ketua Karang Taruna Provinsi menilai Taufan Eko Nugroho yang juga keluarga Bakrie ini, banyak memberikan kontribusi dalam pembangunan khususnya pembangunan kesejahteraan sosial melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Dan yang paling strategis, Ketum terpilih adalah pemimpin berintelektual mumpuni, kapasitas ekonomi yang mapan serta memiliki kapasitas networking yang luas. Kemampuan itu penting dalam hal membangun kesejahteraan sosial di pedesaan/kelurahan.

Dalam sambutannya di acara penutupan TKN tanggal 14 Juni 2010, Ketua terpilih Taufan Eko Nugroho menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan seluruh provinsi pada dirinya untuk memimpin Karang Taruna lima tahun kedepan. “Saya sampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada saya. Misi saya adalah menjadikan Karang Taruna lebih berperan sebagai motor pemberdayaan dan pemandirian ekonomi di desa dan kelurahan di Indonesia,” ujar Taufan bersemangat yang disambut tepuk tangan peserta.

Sementara Wakil Gubernur Maluku Utara Ghani Asuba yang mewakili Gubernur menutup acara tersebut menyampaikan apresiasi atas terpilihnya sosok muda seperti Taufan sebagai Ketua Umum Karang Taruna Periode 2010-2015. ”Kalau ketuanya masih muda begitu tentu organisasi akan bisa bergerak lebih cepat,” ujarnya.

Disela-sela acara, Bendahara Karang Taruna Provinsi Banten Andika Hazrumy menyatakan sangat menyambut baik tampilnya Taufan memimpin Karang Taruna. "saya yakin bung Taufan mampu memberikan atmosfir baru bagi pengembangan peran dan fungsi Karang Taruna di tengah-tengah masyarakat" kata Andika yang juga anggota DPD RI itu.