08 Oktober 2010

Temu Karya Daerah III KARANG TARUNA Provinsi Banten


Dinamika merupakan bagian yang tidak terpisahkan proses pengejawantahan berorganisasi. Karang Taruna Provinsi Banten yang dari waktu ke waktu berupaya menyesuaikan ekselerasinya dengan tuntutan tanggung jawab sosial, juga secara dinamis melakukan berbagai langkah dan pendekatan guna memaksimalkan peran sosialnya agar lebih berdaya guna ditengah masyarakat.

Sejalan dengan dinamika organisasi, setelah melalui proses kajian, pertimbangan, dan konsolidasi yang panjang, maka jajaran pengurus provinsi atas persetujuan seluruh kabupaten/kota memutuskan untuk menggelar forum tertinggi organisasi yaitu Temu Karya Daerah III Karang Taruna Provinsi Banten. Temu Karya merupakan forum pengambilan keputusan organisasi dalam rangka mengevaluasi kinerja, kepemimpinan, dan program kerja Pengurus Karang Taruna Provinsi Banten.

Melalui SK Pengurus bernomor 273/KT-btn/TKD/VI/2010, ditunjuklah beberapa nama sebagai panitia yang selanjutnya bertugas menyelenggarakan TKD III. Setelah melewati beberapa rapat persiapan, Panitia bersepakat menggelar TKD pada tanggal 14 Juli 2010 dan Kota Tangerang Selatan dipilih sebagai tempat penyelenggaraannya.

Bertempat di Grand Hall GERMAN CENTER Bumi Serpong Damai, TKD III digelar dengan dihadiri langsung oleh Gubernur Banten Hj. Ratu Atut Chosiyah serta Ketua Umum Pengurus Nasional Karang Taruna (PNKT) Taufan Eko Nugroho Rotorasiko atau yang akrab disapa Taufan Bakrie. Nampak hadir pula Pjs. Walikota Tangerang Selatan Sholeh, MT yang didampingi oleh jajarannya serta beberapa utusan dari unsur OKP seperti KNPI, Pemuda Pancasila, FKPPI, Dll.

Dalam sambutannya, baik Atut maupun Taufan menaruh harapan besar agar TKD III ini dapat membawa perubahan signifikan bagi proses pelibatan Karang Taruna dalam penanggulangan masalah-masalah sosial di Provinsi Banten. "selama ini saya bangga dengan Karang Taruna yang telah menunjukkan kiprahnya dalam membantu pemerintah menanggulangi permasalahan sosial, kedepan, dengan kepengurusan yang baru saya berharap Karang Taruna dapat lebih meningkatkan peran aktifnya membantu pemerintah mengentaskan PMKS" demikian tukas Gubernur Atut Chosiyah.

TKD III Karang Taruna Provinsi Banten ini diikuti oleh pengurus Provinsi dan utusan dari seluruh Kabupaten/Kota. Dalam acara pandangan umum, para ketua Kab/Kota secara aklamasi memberikan dukungan kepada Andika Hazrumy untuk menjadi Ketua periode 2010-2015 menggantikan Dedi Kurniadi yang telah habis masa bhaktinya. Selain itu para ketua Kab/Kota juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Dedi atas jasa-jasanya memimpin Karang Taruna selama ini.

"kapasitas, kredibilitas dan integritas Bung Andika amat sangat memadai dan memungkinkan untuk membawa Karang Taruna kearah yang lebih baik" kata Ketua Karang Taruna Kab. Tangerang, Jamaludin dalam pandangan umumnya. Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Karang Taruna Kota Cilegon, Ari Sheliawan. "Bung Andika adalah aset Karang Taruna yang mumpuni dan memiliki akses sangat luas, selama ini beliau telah memberikan perhatian dan kontribusi yang amat besar terhadap Karang Taruna, jadi kami optimis jika beliau memimpin langsung maka Karang Taruna dapat lebih maksimal lagi berperan di masyarakat" kata Ari.

Dalam sambutannya, Ketua terpilih H. Andika Hazrumy yang juga anggota DPD RI ini menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Kabupaten/Kota kepada dirinya. "saya ucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada saya, kedepan saya berharap dukungan penuh dari seluruh Kabupaten/Kota agar saya dapat memberikan kontribusi maksimal bagi perkembangan dan kemajuan Karang Taruna di Provinsi Banten" kata Andika. Dalam kesempatan tersebut Andika juga mengajak jajaran pengurus Karang Taruna pada semua tingkatan untuk terus memelihara kekompakan dan menjaga mindsetagar selalu berorientasi pada semangat pengabdian sosial.