06 Oktober 2010

Kemensos Siapkan Sistem Akreditasi Lembaga Sosial

Untuk menilai kinerja dan mutu pelayanan lembaga sosial, Kementerian Sosial (Kemensos) berencana membuat sebuah sistem akreditasi lembaga sosial. Sistem akreditasi ini akan menjadi standar prosedur operasional dari lembaga sosial kepada pengguna layanan.

"Standar prosedur operasional pelayanan sosial berbasis panti sudah disiapkan untuk memastikan terlaksananya pelayanan berkualitas bagi masyarakat yang membutuhkan. Keputusan Menteri Sosial soal itu sudah diterbitkan," kata Direktur Pelayanan Sosial Anak Kementerian Sosial Raden Harry Hikmat kepada ANTARA, Kamis (10/6).

Harry menambahkan, pemerintah saat ini juga tengah membentuk lembaga akreditasi independen. Lembaga ini nantinya akan menilai kinerja dan mutu fasilitas pelayanan sosial secara berkala. Lembaga akreditasi independen ini ditargetkan sudah rampung terbentuk di akhir tahun ini. "Ini akan terdiri atas orang-orang yang profesional di berbagai bidang," katanya.

Harry mengatakan, bila rencana tersebut berjalan lancar, sistem akreditasi lembaga pelayanan sosial ini sudah mulai bisa dijalankan pada 2011. "Harapannya, setelah sistem ini berjalan, pelayanan di lembaga-lembaga sosial menjadi lebih baik, tidak ada lagi lembaga yang dijalankan secara sembarangan," katanya.

Dia menjelaskan pula bahwa selain menyiapkan sistem akreditasi lembaga sosial pihaknya juga sedang menyusun model sertifikasi bagi pekerja sosial. Penyusunan model sertifikasi bagi pekerja sosial tersebut, kata dia, dimaksudkan untuk meningkatkan profesionalisme pekerja sosial dalam menjalankan tugas pelayanan.

sumber: www.tvone.co.id