08 Oktober 2010

Fit And Propher Test Calon Pengurus


Salah satu tujuan mendasar dilaksanakannya Temu Karya Daerah (TKD) dalam tubuh Karang Taruna adalah melakukan evaluasi dan penyempurnaan terhadap kinerja dan program kerja organisasi. Sebagai Ketua terpilih, H. Andika Hazrumy sadar betul bahwa dipundaknya bertumpu begitu banyak harapan bagi perbaikan dan kemajuan ke-Karang Taruna-an di Provinsi Banten.

Sadar pula bahwa untuk memajukan sebuah organisasi sebesar Karang Taruna harus dilakukan secara bersama-sama dan bersifat terintegrasi, maka hal pertama yang ditempuh Andika adalah membangun konstruksi kepengurusan yang kokoh, tangguh dan visioner. Setelah melalui proses analisa dan pertimbangan yang matang, maka Andika memutuskan untuk menjaring calon pengurus melalui mekanisme fit and propher test. Namun keinginan untuk memiliki struktur pengurus yang mumpuni melalui uji kelayakan dan kepatutan ini tidak dengan serta merta dapat dilaksanakan karena harus disesuaikan dengan amanat TKD III yang salah satunya memutuskan bahwa kepengurusan disusun melalui mekanisme formatur.

Diantara padatnya kesibukan sebagai anggota DPD RI, Andika Hazrumy terus berpikir keras bagaimana memadukan dua konsep ini agar dapat menghasilkan kepengurusan yang nantinya diharapkan mampu menjawab tantangan organisasi. Dengan berbagai penyesuaian dan pendekatan, akhirnya kedua mekanisme tersebut dapat dikolaborasikan. Tahap awal penjaringan calon pengurus dilakukan dengan meminta para anggota formatur untuk merekomendasikan 5 orang dari masing-masing Kabupaten/Kota untuk menjadi calon pengurus, kelima orang inilah yang kemudian akan mengikuti fit and propher test bersama utusan kabupaten/kota lainnya.

"penggabungan dua mekanisme kedalam satu konsep perekrutan ini merupakan bentuk tanggung jawab saya terhadap mandat yang telah diberikan seluruh warga Karang Taruna" demikian jawab Andika saat ditanya alasan melaksanakan fit and propher ini. "kepercayaan yang diberikan kepada saya sudah barang tentu dibarengi harapan agar saya dapat membawa Karang Taruna kearah yang lebih baik lagi, dan untuk mewujudkan harapan itu saya membutuhkan team work yang solid dan tangguh untuk bersama-sama membangun dan memajukan karang taruna" tukas Andika.

Rabu, 25 Agustus 2010 kegiatan fit and propher test dilaksanakan di VIP Room Restoran Bintang Laguna, Kota Cilegon dan diikuti oleh sekitar 60 orang yang terdiri dari utusan kabupaten/kota dan unsur eksternal. Acara diawali dengan pembukaan sidang pleno TKD III yang kemudian menyerahkan palu sidang kepada Tim Formatur yang telah terbentuk saat TKD 14 Juli lalu. Pimpinan sidang Ayudin, S.Ip mengatakan bahwa rapat formatur ini adalah bagian yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan TKD III Karang Taruna Provinsi Banten.

Bertepatan dengan bulan suci ramadhan, sebelum Tim Formatur menggelar uji kelayakan, panitia mengajak seluruh peserta untuk melaksanakan buka puasa bersama yang dilanjutkan dengan makan malam dalam suasana penuh keakraban khas Karang Taruna. Saat para peserta mengikuti tes tulis yang disediakan, Tim Formatur melakukan rapat diruang terpisah untuk membahas jumlah dan komposisi kepengurusan.

Rangkaian acara tes dan sidang formatur berakhir sekitar pukul 21.00 WIB. Pimpinan sidang formatur kemudian menyerahkan kembali palu sidang kepada pimpinan sidang pleno yang selanjutnya menutup secara resmi rangkaian sidang pleno TKD III Karang Taruna Provinsi Banten.