20 Oktober 2010

Data PMKS dan PSKS seluruh Indonesia

Departemen Sosial RI sebagai unsur pemerintah pusat bidang Kesejahteraan Sosial memiliki tugas pokok mewujudkan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Salah satu sasaran pokok pembangunan kesejahteraan sosial adalah penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). PMKS dikelompokkan menjadi 6 (enam) permasalahan, yaitu : kemiskinan, kecacatan, ketelantaran, ketunaan sosial, korban bencana, dan ketertinggalan/ keterasingan.

Sebagai penunjang keberhasilan Pembangunan Kesejahteraan Sosial dalam Penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) adalah menggali dan memberdayakan Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) yang dimiliki pada setiap Provinsi, Kabupaten dan Kota yang terdapat dalam unsur masyarakat, kondisi alam, dan tatanan sosial masyarakat setempat.

Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial pada tahun 2008 telah melaksanakan Pemutakhiran Data PMKS dan PSKS. Selanjutnya hasil pemutakhiran data ini masing-masing dituangkan dalam buku data Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Tahun 2008 dan Buku Data Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) Tahun 2008. Melalui Buku tersebut disajikan informasi perkembangan jumlah dan persebaran PMKS dan PSKS tingkat provinsi diseluruh Indonesia.
  • Download Buku Data Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Tahun 2008 DISINI
  • Download Buku Data Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) Tahun 2008 DISINI
sumber: Kementerian Sosial RI