28 Juli 2008

Obor Nusantara Untuk Peringati 100 Tahun Kebangkitan Nasional

SERANG - Ketua Panitia Obor Nusantara Provinsi Banten, Andika Hazrumy meminta kepada masyarakat Banten untuk mendukung kegiatan Obor Nusantara yang diselenggarakan untuk memperingati 100 Tahun Hari Kebangkitan Nasional. Pasalnya, dalam penyelenggraan tersebut akan dikemukakan berbagai hal tentang ruh kebangsaan dan bernegara untuk menjaga kesatua dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kegiatan nasional yang bertemakan “Bersatu Membangun Negeri” ini bertujuan untuk membangkitkan spirit kebangsaan dan memupuk nasionalisme bangsa Indonesia dengan diawali pembawaan obor merah putih yang dibawa mengelilingi Indonesia, 33 Provinsi dan 207 kabupaten/kota se-Indonesia.

“Agenda ini diawali dengan penyulutan api untuk Obor Nusantara berwarna merah dari Kota Sabang dan warna putih di Merauke pada tanggal 5 Juni 2008 lalu. Dan pada tanggal 26 Juli nanti obor berwarna merah tersebut akan sampai di Banten dari Lampung,” kata Ketua Panitia Kirab Obor Nusantara Banten, Andika Hazrumy yang juga anak pertama Gubernur Banten, Atut Chosiyah kepada sejumlah wartawan saat siaran pers-nya di Rumah Makan “S” Rizki, Serang, Kamis (17/7).

Kata Hazrumy, nantinya kedua obor itu akan dipertemukan saat acara puncak di Ibokata Negara, DKI Jakarta pada tanggal 17 Agustus sekaligus untukk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. “Sebelum sampai ke Jakarta, Obor Merah akan dibawa keliling ke seluruh wilayah Banten mulai dari Kota Cilegon sampai Kota Tangerang,” jelasanya.

Diteruskan oleh Ketua Karang Taruna Banten Sekaligus Koordinator Obor Nusantara Banten, Dedi Kurniadi, selama perjalanan obor merah tersebut keliling kabupaten/kota se-Banten, akan dilaksanakan kegiatan-kegiatan sosial berupa, bakti social, penghijauan, sanitasi dan penyediaan air bersih, dialog kebangsaan dan Revitalisasi Lembaga pemberdayaan masyarakat,” bebernya seraya mengatakan, kegiatan itu akan berlangsung sejak tanggal 27-31 Juli 2008 di Banten.

Sekedar informasi, saat ini Obor Merah telah tiba di Bengkulu, Sumatera Selatan. Rencananya dalam serah terima Obor Merah dari Bupati Lampung Selatan, Zulkifli Anwar kepada Perwakilan Banten yang akan diterima Oleh Walikota Cilegon, Tb Aat Syafa’at akan diselenggarakan di tengah laut Selat Sunda. Kerana perbatasan antara Provinsi Lampung dengan Provinsi Banten adalah lautan kuasa.

Sementara itu, Obor Warna Putih sat ini telah sampai di Provinsi Sulawesi Selatan, dan pada tanggal 17 Agustus 2008 keduanya dipertemukan sebagai simbol Kebangkitan Nasional dan Kasatuan dan Kesatuan Bangsa dan lengkaplah Warna Bendera NKRI pada saat itu. (nr)

Sumber: Voice of Banten, Kamis, 17 Juli 2008