28 Juli 2008

Kirab Obor Nasional Tingkat Banten

Memperingati 100 tahun Kebangkitan Nasional, diadakan Kirab Obor Nasioal. Kegiatan yang banyak melibatkan kalangan muda ini mengangkat tema “Bersatu Membangun Negeri”. Di tingkat Banten, acara ini digelar Karang Taruna Prooinsi Banten.

Kegiatan penyulutan Obor Nusantara berwarna merah dilakukan di Sabang. Selanjutya berjalan menuju Jakarta melintasi seluruh provinsi di Pulau Sumatera dan Provinsi Banten. Obor berwarna Putih disulut di Merauke untuk selanjutnya keliling menuju Jakarta. Kegiatan penyulutan telah dilakukan pada 5 Juni lalu. Perjalanan kedua Obor ini akan melintasi 33 provinsi dan 207 kabupaten/ kota.

Untuk Provinsi Banten, Obor Merah rencananya akan tiba di Pelabuhan Merak pada tanggal 26 Juli 2008 dan akan mengelilingi seluruh kabupaten/ kota se-Provinsi Banten hingga tanggal 31 Juli 2008. Penyerahan obor tersebut akan dilakukan oleh Gubernur Lampung, Zulkifli Anwar kepada Walikota Cilegon, Tb Aat Syafa’at. Penyerahan Obor Merah rencananya akan diserahkan di atas kapal ferry di perbatasan Laut Sumatra dan Jawa .

“Penyerahan Obor Merah oleh Gubernur Lampung kepada Walikota Cilegon, rencananya akan diserahkan di atas kapal ferry,” ungkap Dedi Kurniadi, Ketua Umum Karang Taruna Provinsi Banten. Selanjutnya, Obor Merah akan dibawa ke Pendopo Gubernur Banten sekaligus dilakukan penandatanganan prasasti para Bupati/Walikota se-Banten. Obor Merah akan keliling ke Pandeglang, Lebak, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dari tanggal 26 Juli-31 Juli. “Setelah itu Gubernur Banten akan menyerahkan kepada Gubernur DKI Jakarta,” ungkap Dedi.

Menurut Ketua Pelaksana Kirab Obor Nusantara, Andika Hazrumi, perjalanan obor ini akan melintasi setiap kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Banten. “Dalam acara Kirab Obor akan dilakukan kegiatan yang berisi acara Bakti Sosial, Revitalisasi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, Penghijauan, Sanitasi Penyediaan air bersih, Rumah Pintar, Dialog Kebangsaan, Pembuatan Buku dari hasil dialog ( Rakyat Bicara), Pendayagunaan Forum Komunikasi Purna Praja di Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, Ringbacktone dan Hymne 100 Tahun Kebangkitan Nasional, Penganugrahan Pin 100 tahun kebangkitan Nasional,” jelas Andika. “Tujuan kegiatan Kirab Obor Nusantara yang bertema Bersatu Membangun Negeri, untuk meningkatkan spirit kebangsaan dan meningkatkan jiwa nasionalisme,” pungkasnya. (ris)

Sumber: www.koranbanten.com